Tuesday, January 3, 2012

Seindah Presepsi yang mengajari

   
   Sore itu, biasa pukul 16.00 wib tepat saya harus sudah segera mempersiapkan diri meninggalkan kantor, pertanda waktu jam kerja telah usai, disekeliling sawah yang saya lewati, tampak berbagai macam aneka ekosistem yang sedang berjalan, burung berkicau menyambut sore tiba, bebek-bebek berlarian menuju kandang dan domba-domba mnegembik, pertanda sudah puas berlarian merumput hari ini, nah itulah rhytme hewan yang disodorkan kepada pendengar (manusia-red) atau apapun disekelilingnya, yang merupakan perpaduan suara menimbulkan harmoni alam suasana matahari mulai menenggelamkan diri,
Seketika itu dengan berjalan menikmati rhytme alam sekitar 3-4 menit saya selakan untuk menelpon istri pujaanku, yang saat ini masih singgah di tepi timur selatan ibu kota (depok-red), entah tidak tahu secara pasti kapan akhir perpisahan berjangka ini usai, namun dalam hati kami "pasti ada secercah harapan untuk bersama" mengindahkan tautan mahligai sebagai suami dan istri yang sejati dalam hidup berumah tangga,
Tak terasa 3-4 menit kulalui dengan "sela"-an, hubungan LDR (long distance Relationship) tibalah saya pada ujung sebuah bangunan yang paling besar diantara radius 300 meter sekitarnya,... YA,.. itulah Mess,... Tempat tinggal peraduan saya "sementara", Sementara menunggu kepastian penjejakan langkah dan sementara menunggu kepastian bersama itu datang adanya, di bangunan ini tidak ada barang yang begitu mahal, seperti barang2 yang ada di wakil rakyat kita (renovasi Toilet 2 M, kursi banggar 24 jt/buah hehehe), hanyalah cukup cooking rice, sleeping pad, kipas angin dan dispenserlah yang menemaniku bersantap malam setiap harinya, KECUALI Weekend (pastinya sudah dengan istri Bro... :p)
Hmmm,.. Terketuk hati melihat pemandangan sekitar mess,  berupa tanaman pangan dan obat2an bestari disekelilingnya, 
   Tiba2 datanglah seorang yang berpakaian ala preman (serang-red) agak garang dan sambil memakai sweeter putih lengan panjang disertai topi ciyet mirip mbah surip (singer of  song "tak gendong kemana2"),  hehehe,.... 
Mr. X   : "maaf pak Ivan, bisa kasbon??"   melihat agak menunduk didepan saya sambil tangan disingkap didepan, 
Saya     : "E,...." (sambil memikir berulang2 kali)   "maksudanya apa pak??"    (balik tanyaku)  
yow maap, lha wong aq iki uwong pendatang jhe,... dadi kena roaming bahasa   
Mr. X   : "Kasbon,... utang?,....  eeee,.... 50 rb aj,...  hehe,...."    
Saya     : gaya Skeptis...(siap2 menganalisa),...
Flash back,   dialah pak Ali Satpam yang lumayan rajin membersihkan mushola (setahuku),Setiap pagi, kira2 pukul 9 pagi pak Ali sudah stand by mengurusi mushola kantor, mulai dari membukakan pintu membersihkan dalam ruangan dan teras, Tak tahu apakah itu pekerjaan yang sesuai TUPOKSI-nya (Tujuan Pokok & Fungsi-red) -istilah TUPOKSI yang sering2 didengungkan untuk mengintruksi staf ber plat merah di salah satu kementerian negara ini- yang jelas selalu saya lihat kesehariannya yang membuat saya bertanya-tanya adalah pekerjaan sampingannya itu (membersihkan Mushola-red), Entah bagaimana sesuai dengan Tupoksinya atau tidak  "lha wong pakaian satpam" mbersihin mushola,... ning yow rapopo lah,..."  SKIP....SKIP....SKIP....

Lanjut>>>
tanpa berpikir panjang langsung ku jawab,.. 
Saya   : "em,.. g punya pak,..." (sambil nada asertif mengelak), kemudian ku lanjutkan 
             "ada klo uang program utk bebek, pak Ali mau?"...
Pak Ali : "we,...eh,.. ya jangan pak,..  klo ada mah,.. ke pak ivan aja,.." (balik mempertegas permintaan sambil pegang 1 bungkus rokok berasal dari kota kretek)   "ghaya temen arek iki, sambate butuh neng tapine sik kemlelet rokokan (logat jatim-red)"
dengan langsung melihat keseluruhan saya menjawab 
Saya    : "Ya itu pak, klo uang program utk bebek ada, mau pak? klo saya mah (ikut2an::: "mah") lg blm ada yang senggang,  (presepsiku langsung berubah seketika)

welah,... saya kira butuh minjam uang benar2 penting,.. ealah lha kOk!! klepas Klepus Rokok pak dhe????  hweheheee,..... yow matur suwun nek kasbon maning yak!!!







dangkal.com

No comments:

Post a Comment